Tiga Jenis Diabetes Militus

Diabetes atau sering disebut penyakit gula merupakan penyakit yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah yang disebabkan gangguan pada sekresi insulin atau gangguan kerja insulin atau bahkan keduanya.
Pada saat kondisi terserang diabetes, tubuh seseorang tidak dapat memproduksi hormon insulin yang disebarkan organ pankreas, bisa dikatakan gangguan organ pankreas, inilah yang kemudian menyebabkan kadar gula darah meningkat.

Menurut sumber kesehatan meningkatnya kadar gula darah yang tidak segera diterapi atau upaya pencegahan , maka akan menyebabkan komplikasi baik jangka pendek dan jangka panjang yang membahayakan kesehatan.

3 Jenis Diabetes Militus :

1. Diabetes M tipe satu : ini beresiko menyerang anak anak bahkan bayi untuk itu perlu dilakukan upaya pencegahan dan juga terapi sejak dini.

- Penyebab dari DM tipe 1 dikarenakan adanya gangguan organ pankreas sejak lahir ataupun faktor genetik.

2. Diabetes Militus Tipe 2 : ini yang terbanyak menyerang seseorang pada usia diatas 30 tahun.

- Penyebab DM tipe 2 Lazimnya disebabkan oleh pola hidup yang tidak sehat, termasuk pola makan aktivitas, terlalu mengkonsumsi banyak gula atau karbohidrat, kurang berolahraga, menjadi kondisi yang dapat menyerang seseorang terkena diabetes tipe ini.

3. Diabetes militus Gestasional : yang lazimnya menyerang ibu hamil, hal ini dikarenakan adanya toleransi atau peningkatan glukosa dalam tubuh.

Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa penyakit yang tidak segera diatasi akan menimbulkan komplikasi baik jangka pendek dan jangka panjang, disamping menimbulkan komplikasi penyakit diabetes juga menyebabkan penderitanya susah disembuhkan ketika mengalami luka ditubuhnya, sebab gula darah yang tinggi membuat bakteri dan kuman leluasa berkembang biak.

Dengan Menerapkan pola hidup sehat dan bergizi , olah raga teratur , istirahat cukup dan pikiran yang yang sehat,bagi pasien diabetes olahraga yang paling baik adalah jogging atau jalan sehat bermain tenis dan bulutangkis sebaiknya dihindari.
Salam semoga bermanfaat.

0 Response to "Tiga Jenis Diabetes Militus"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme