7 Jenis Penyakit pada Mulut

Mulut merupakan alat pemasok utama atau penerima makanan dan minuman, dimana makanan dan minuman kemudian diteruskan masuk ke organ-organ tubuh lainnya. sebagian makanan diolah oleh tubuh sehingga menjadi energi seperti masa otot dan sebagian dibuang melalui alat pembuangan dan urine.


Tapi, apakah kalian tau mulut punya segudang penyakit atau segudang masalah? Setelah banyak para peneliti membuktikan, ternyata mulut yang kita anggap selama ini hanya rongga kecil yang berguna mengunyah makanan , ternyata mempunyai masalah atau penyakit yang bermacam-macam banyaknya. Berikut jenis penyakit pada mulut ada yang sering dialami:

7 Jenis Penyakit pada Mulut


1. Bau mulut
Penyakit yang sering dijumpai adalah bau mulut. Dengan kondisi gigi dan gusi yang kurang bersih, sariawan, infeksi atau luka pada mulut, mengkonsumsi bawang putih atau bawang merah, merokok, alkohol, dan gigi palsu yang tidak terawat. Maka muncullah penyakit Bau mulut ini.


2. Sariawan
Penyakit sariawan yang sering terjadi pada orang dewasa atau bayi disebabkan oleh jamur candida. Tetapi sistem kekebalan yang lemah, antibiotik, diabetes atau obat tertentu kortikosteroid inhalasi dapat memberikan kesempatan kandida untuk tumbuh liar. Menyeka patch akan menyebabkan rasa sakit. Sebaiknya segera temui dokter untuk mendapatkan diagnosis.


3. Radang mulut
Radang mulut disebabkan oleh jamur dan pengobatannya biasanya menggunakan tablet hisap antifungal, penyakit radang mulut mempunyai ciri yaitu lidah berwarna pucat dan terdapat bercak kuning keputihan yang bisa dikeruk dengan mudah. Rasa perih terasa pada bercak tersebut jika terkena makanan atau saat menyikat gigi.


4. Glossitis
Mungkin terdengar asing penyakit satu ini, penyakit satu ini membuat lidah terasa sakit karena adanya rekahan. Kondisi ini terjadi akibat jaringan pelindung di permukaan lidah tidak terbentuk secara sempurna. Untuk pengobatannya harus diketahui dulu apa penyebabnya, bisa karena anemia atau kekurangan vitamin lainnya.


5. Infeksi Gusi
Peningkatan peradangan menyebabkan gusi menyusut, membentuk kantong diantara gigi dan gusi. Ini perangkap kantong karang gigi, plak dan sisa-sisa makanan yang pada akhirnya menyebabkan infeksi dan abses. Penyakit gusi lanjut merusak tulang yang mendukung gigi dan merupakan salah satu penyebab utama hilangnya gigi pada orang dewasa. Temui Dokter gigi untuk pengobatan gigi susut.


6. Infeksi Virus Herpes Simpleks
Penyakit ini memiliki gejala adanya titik-titik berwarna kuning pucat di lidah, suhu tubuh tinggi hingga 38 derajat celcius atau lebih, terkadang muncul rasa nyeri hingga perih disekitar bibir, diawali dengan lepuh salesma atau lepuhan yang sangat sakit. Jika anda memiliki daya tahan yang bagus, gejala ini akan hilang dalam beberapa hari.


7.Virus Coksackle
Penyakit yang satu ini biasanya lebih suka menyerang pada anak-anak. Selain pada mulut, titik-titik merah disebabkan virus ini bisa menyerang pada tangan dan kaki, terkadang bisa diiringi demam dan menggigil. Penyakit ini bisa juga disebut sindrom tangan, kaki dan mulut. Mengingat virus ini menular maka anak harus diisolasi dari teman-teman bermainnya. 

Berikan anak-anak makanan tinggi protein dan istirahat cukup agar daya tahan meningkat.

Jadi, Sekarang pastinya anda sudah tau 7 Jenis Penyakit pada Mulut anda. Untuk itu dari sekarang jangan menyepelekan perawatan mulut yang baik, Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati.

0 Response to "7 Jenis Penyakit pada Mulut"

Post a Comment

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme